Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BALOK ANGKA DI TK ATTAQWA BEKASI

FARAH HAYATI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BALOK ANGKA DI TK ATTAQWA BEKASI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada masa usia 4-5 tahun, anak mulai mengembangkan pemahaman tentang angka dan matematika dalam berbagai cara. Salah satunya adalah mengenal angka, mengenal angka sampai sepuluh atau lebih bahkan menghubungkan angka dengan jumlah benda yang dihitung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelompok usia 4-5 tahun di TK Attaqwa yang mengalami masalah dalam mengenal angka. Dalam mengenal angka anak perlu diberikan pengalaman nyata yang dapat membantu mereka memahami konsep matematika. Media yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan adalah media balok angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun melalui balok angka di TK Attaqwa. Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A usia 4-5 tahun di TK Attaqwa yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media balok angka dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan bilangan 1-10 berkembang sangat baik (93,4%) yaitu 14 anak, kemampuan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan berkembang sangat baik (86,7%) yaitu 13 anak dan kemampuan menggunakan lambang bilangan untuk menghitung berkembang sangat baik (86,7%) yaitu 13 anak.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Balok Angka, lambang bilangan, mengenal
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2763

Actions (login required)

View Item
View Item