RICENURAHMI (2023) MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan observasi di SDN Manggarai 03, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa inklusi anak berkebutuhan khusus kelas VA tahun ajaran 2022-2023 yang berjumlah dua orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi minat baca dengan bantuan instrumen lembar pengamatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklus dengan menggunakan metode SAS. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam membaca dengan metode struktural analitik sintetik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada tahapan pra siklus subjek penelitian yaitu siswa X dan Y hanya mengenal huruf, belum dapat merangkai kalimat, dan belum bisa membaca. Pada siklus satu siswa X sudah mulai dapat merangkai huruf menjadi sebuah kata dan merangkai kata menjadi kalimat sederhana, akan tetapi siswa Y belum dapat merangkai kata menjadi kalimat. Pada siklus dua, siswa X dan Y telah mampu merangkai kalimat menjadi satu paragraph serta sudah mulai mampu membaca secara perlahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode struktural analitik sintetik (SAS) terbukti dapat meningkatkan minat baca peserta didik berkebutuhan khusus. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk memberikan kebaharuan dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis metode SAS.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Anak Berkebutuhan Khusus, Inklusi, Struktural Analitik Sintetik |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2762 |