Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Kelompok A di TKIT Al Ihsan Bekasi

NURUL.MUTMAINNAH (2023) Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Kelompok A di TKIT Al Ihsan Bekasi. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui kegiatan bercerita dengan media boneka tangan pada Kelompok A di TKIT Al Ihsan Bekasi Masalah yang dihadapi anak adalah kemampuan bercerita anak. Adapun yang menjadi faktor dalam kegiatan bercerita yaitu kurangnya media yang menarik untuk siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dan menggunakan model kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari empat tahap : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan yang terakhir adalah refleksi. Penelitian tertuju pada anak kelompok A dengan jumlah siswa 10 anak yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 8 siwa perempuan melalui 2 siklus. Indikator keberhasilan penelitian adalah apabila 70% dari jumlah siswa mendapatkan scor atau nilai baik. Metode pengumpulan data melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi selama kegiatan berlangsung, dan RKH untuk pelaksanaan kegiatan pada siklus 1 dan siklus 2. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita bisa maksimal karena didukung dengan media yang diminati oleh anak dan bervariasi pada khususnya media boneka tangan sehingga anak tertarik dan bersemangat pada saat mengikuti kegiatan bercerita.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Bercerita, Berbicara, Media Bercerita
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item
View Item