Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KONSEPTUAL PENJUMLAHAN DALAM PELAJARAN NUMBER BONDS MELALUI METODE CPA

MELIANA (2023) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KONSEPTUAL PENJUMLAHAN DALAM PELAJARAN NUMBER BONDS MELALUI METODE CPA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan perkembangan konseptual penjumlahan dalam pelajaran number bonds melalui metode CPA pada anak usia 5-6 tahun di TK B yang terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa perkembangan konseptual penjumlahan anak usia 5-6 tahun di kelas TK B ini, yang berjumlah 15 anak, masih rendah ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian yang dilakukan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode CPA secara signifikan meningkatkan perkembangan konseptual penjumlahan siswa. Pada siklus pertama, terjadi peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan setelah menggunakan pendekatan CPA. Pada siklus kedua, peningkatan ini semakin meningkat dengan adanya penguatan melalui penggunaan manipulatif konkret dan representasi visual yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode CPA efektif dalam meningkatkan perkembangan konseptual penjumlahan pada pembelajaran Number Bonds. Rekomendasi untuk guru adalah mengimplementasikan metode CPA secara konsisten, menggunakan manipulatif konkret dan representasi visual yang tepat, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih secara aktif dalam memahami konsep penjumlahan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Metode CPA, Number Bonds, Pembelajaran Matematika, Penelitian Tindakan Kelas. Penjumlahan, Perkembangan Konseptual, ,
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2751

Actions (login required)

View Item
View Item