Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATERI PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III

HAFID NURUL FAHMI (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATERI PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah dan banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Disamping itu, kurangnya pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran aktif dan tidak maksimal dalam menggunakan media yang mendukung dalam mengajar sehingga siswa merasa tidak termotivasi dalam belajar. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu diadakan perubahan paradigma baru, yaitu dengan menambah pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran konvensional ke metode pembelajaran yang aktif seperti metode pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar yang dilakukan pada siswa kelas III SD Islam Insan Mulia Kota Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui media gambar sehingga pembelajaran bisa tercapai sesuai dengan harapan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 25 siswa, yang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dalam penelitian ini peneliti menggunakan 2 siklus tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 75 dengan presentase tuntas 88%. Setelah guru melakukan perbaikan dengan dibantu teman sejawat/supervisor 2 melalui metode dan media pembelajaran pada siklus 2 nilai rata-rata siswa menjadi 100 dengan persentase tuntas 100%. Kesimpulan pada hasil tindakan ini membuktikan bahwa melalui metode Picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Picture and picture; Meningkatkan Hasil Belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item
View Item