NAWINDA (2023) PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN PAMULANG PERMAI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKKarya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa SD kelas 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek sebanyak 38 siswa. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Data diperoleh melalui tes awal dan tes akhir kemampuan menulis permulaan serta observasi terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan media flashcard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa. Pada pra siklus, rata—rata nilai tes kemampuan menulis permulaan siswa adalah 20%, siklus I, rata-rata nilai tes kemampuan menulis permulaan siswa adalah 40% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 73%. Selain itu, aktivitas siswa selama pembelajaran juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Dalam kesimpulannya, penggunaan media flashcard dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa SD kelas 1.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Flashcard, hasil mengajar, kemampuan menulis permulaan |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2743 |