ALIFAH NUR AZIZAH (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam tentang Sumber Energi melalui Metode Demonstrasi di Kelas I Sekolah Dasar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar IPA di Sekolah Dasar (SD) masih rendah, oleh sebab itu diperlukan upaya peningkatan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 SDN Pamulang Permai Kota Tangerang Selatan dalam pembelajaran IPA tentang sumber energi gerak melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, refleksi dan hasil tes awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa observasi pada prasiklus rata-rata hasil belajar yang belum tuntas 37,04% yang tuntas 44,44%, pada siklus 1 diperolah rata-rata hasil belajar yang belum tuntas 11,11% yang tuntas yaitu 88,89% dan meningkat menjadi 96,3% pada siklus 2 dengan jumlah yang belum tuntas 0%. Simpulan penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 1 Sekolah Dasar (SD).
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Metode Demonstrasi |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2741 |