Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MATERI PEMBAGIAN MELALUI METODE DEMONTRASI DI KELAS II SD

SOFIA FITRIANY (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MATERI PEMBAGIAN MELALUI METODE DEMONTRASI DI KELAS II SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah terkait tentang masih kurangnya penggunaan metode pembelajaran, peserta didik kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian yang dipaparkan pada artikel ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pembagian di kelas II dengan menggunakan metode pembelajaran demontrasi. Penelitian tersebut dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan test dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika pembagian melalui metode demontrasi pada siswa kelas II SDN Ciater 02. Pada siklus 1 yang sudah mencapai KKM dengan nilai 70 terdapat 56.2% dengan jumlah siswa 17 siswa. Sedangkan yang belum mencapai KKM terdapat 43.7% dengan jumlah siswa 13 siswa. Pada siklus 2 yang sudah mencapai KKM dengan 70 terdapat 87.5% dengan jumlah siswa 26 siswa, sedangkan yang belum mencapai KKM terdapat 12.5% dengan jumlah siswa 4 orang. Lalu pada siklus 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan pra siklus dan siklus 1 yakni siswa yang tuntas KKM mencapai 100% dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demontrasi dalam pembelajaran Matematika pembagian dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Ciater 02.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Demontrasi.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item
View Item