RISA MEILA ISLAMYAH SUHERMAN (2023) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENENTUKAN PECAHAN BIASA DENGAN METODE DEMONSTRASI DI SDN KERTASARI II RENGASDENGKLOK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakRendahnya minat belajar matematika mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas III, ini merupakan latar belakang dari penelitian ini, dari 28 siswa hanya 8 (44,45%) yang tuntas, rata-rata nilai yang diperoleh adalah 55,83. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika tentang pecahan biasa melalui metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas III SDN Kertasari II Rengasdengklok, subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa setelah diterapkan metode demontrasi hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Kertasari II Rengasdengklok mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan oleh: pada prasiklus siswa yang tuntas adalah 8 siswa dengan nilai rata-rata 55,83, pada siklus I siswa yang tuntas adalah 24 siswa dengan dengan nilai rata-rata 80.00 (88,89%). Dan pada pada siklus II siswa yang tuntas adalah 28 siswa dengan dengan nilai rata-rata 88,06 (100%). Maka berdasarkan temuan hasil penelitian melalui demontrasi dapat meningkatkan minat serta pemahaman pembelajaran siswa, hal ini nampak pada saat proses pembelajaran berlangsung, dari keterampilan sikap siswa yang diamati, sehingga dapat dikategorikan dengan hasil predikat rata-rata baik.AbstractThe low interest in learning mathematics affects the learning outcomes of third grade students, this is the background of this study, out of 28 students only 8 (44.45%) complete, the average score obtained is 55.83. This study aims to increase interest and achievement in learning mathematics about ordinary fractions through demonstration methods. This research is a class action research, which was conducted in class III SDN Kertasari II Rengasdengklok, the subjects in this study totaled 28 students consisting of 11 male students and 17 female students. This research was conducted in two cycles. The results of this study stated that after applying the demonstration method, the results of learning mathematics for class III students at SDN Kertasari II Rengasdengklok had increased. This is evidenced by: in the pre-cycle students who completed were 8 students with an average score of 55.83, in the first cycle students who completed were 24 students with an average score of 80.00 (88.89%). And in the second cycle, there were 28 students who passed with an average score of 88.06 (100%). So based on the findings of research results through demonstrations can increase interest and understanding of student learning, this can be seen when the learning process takes place, from the observed student attitude skills, so that it can be categorized with the average "good" predicate results.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Minat belajar, Pelajaran matematika, Metode demontrasiKeywords: Interest in learning, Mathematics lesson, Demonstration method |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2739 |