KARNIATI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SDIT ZAMZAM KURNIA DENGAN PENERAPAN ALAT PERAGA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada materi pelajaran operasi bilangan, nilai mata pelajaran matematika pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pada tahun pelajaran 2022/2023 rata-rata kelas hanya mencapai 52,37. Hal ini terjadi dikarenakan siswa masih kurang menguasai operasi bilangan disebabkan oleh kurangnya penerapan media pembelajaran. Penggunaan cara pembelajaran yang tepat menjadi salah satu cara untuk meminimalkan hambatan dalam pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat peraga. Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini adalah untuk menerapkan alat peraga dalam pembelajaran matematika pada materi operasi penjumlahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas 1 SDIT Zamzam Kurnia pada materi operasi penjumlahan Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas 1 SDIT Zamzam Kurnia dengan menerapkan alat peraga pada materi operasi penjumlahan setelah dilakukan 3 siklus pembelajaran terdapat peningkatan hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Dari hasil refleksi diketahui pada siklus I 65% peserta didik yang tuntas dalam proses pembelajaran dengan rata-rata kelas yang dicapai 72,35. Pada siklus II siswa yang telah tuntas sebanyak 80% dengan rata-rata kelas 78,92. Sedangkan pada siklus III diperoleh hasil 100% peserta didik tuntas dalam proses pembelajaran dengan nilai rata rata yang diperoleh adalah 83,17. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas 1 SDIT Zamzam Kurnia pada materi operasi penjumlahan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Operasi penjumlahan, Alat peraga. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2726 |