Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Metode Demonstrasi dan Latihan untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Siswa Kelas II SDN Lubang Buaya 02 Kabupaten Bekasi

MELAWATI SOPIAN (2023) Penerapan Metode Demonstrasi dan Latihan untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Siswa Kelas II SDN Lubang Buaya 02 Kabupaten Bekasi. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan dengan metode Demonstrasi dan Latihan agar meningkatkan kelancaran membaca siswa kelas II SDN Lubang Buaya 02 Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dari mulai bulan Pebruari hingga bulan April, bentuk pada penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung pada 2 siklus setiap siklusnya terdapat 4 tahapan yaitu Pengamatan, Pelaksanaan, Perencanaan dan Refleksi. Dimana siswa kelas II SDN Lubang Buaya 02 adalah subjeknya yang berjumlah 40 siswa. Menganalisis data siswa dengan cara menggunakan metode deskriptif kualitatif pada siklus 1 dan siklus 2 perbandingan dari kedua hasil belajar siswa dimulai dari menentukan nilai tes awal hingga tes akhir. Hal ini terbukti dapat dilihat pada siswa sebelum diadakannya tindakan (pra siklus) dengan nilai rata-rata 55, dengan persentase 43,10% dan Pada Siklus 1 mendapat nilai rata-rata membaca pemula adalah 75 dengan persentase ketuntasan 69,15%, dan pada Siklus II mendapatkan nilai rata-rata 86 dengan persentase ketuntasan 90,10%. Dengan demikian Hasil penelitian yang dilakukan melalui Metode Demonstrasi dan Latihan ini dapat meningkatkan kelancaran membaca pada siswa kelas II SDN Lubang Buaya 02 Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Kelancaran Membaca, Bahasa Indonesia, Kelas II
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2724

Actions (login required)

View Item
View Item