SHIRLEY (2023) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Pohon Hitung di TK Pelangi Kasih. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun melalui alat permainan edukatif pohon hitung di TK Pelangi Kasih, Jakarta Utara Tahun 2023 dengan subjek penelitian berjumlah 6 anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data dalam penelitian adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui catatan anekdot, lembar observasi, lembar kerja anak dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun setelah tindakan menggunakan alat permainan edukatif pohon hitung. Hasil data prapenelitian kemampuan berhitung kelas A adalah 49,17%, meningkat menjadi 73,6% di kegiatan siklus 1 dan meningkat di siklus 2 menjadi 89,7%. Berdasarkan hasil data tersebut bahwa alat permainan edukatif pohon hitung dapat disimpulkan bahwa alat permainan pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Pelangi Kasih, Jakarta Utara. Implikasi hasil penelitian adalah proses pembelajaran anak usia dini melalui kegiatan konkret, memberikan motivasi, memberikan stimulasi, memberikan contoh, memberikan pertanyaan sehingga dapat memaksimalkan perkembangan anak.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | anak usia 4-5 tahun, alat permainan edukatif, pohon hitung, kemampuan berhitung permulaan |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2722 |