INDAH INDRIANI (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS II SDIT AL-FIKRI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan lapangan, dimana peneliti melihat ketidakefektifan peserta didik dalam belajar, rasa lelah dan bosan yang menyebabkan hasil belajar peserta didik selalu rendah dikarenakan penerapan metode pembelajaran yang terus menerus menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. Kosakata merupakan aspek penting bagi peserta didik dalam menyampaikan pesan dan pendapat. Namun beberapa studi menunjukkan bahwa penguasaan kosakata peserta didik masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Crossword Puzzle (Crossword puzzle) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan hasil belajar peserta didik kelas II SDIT Al-Fikri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Fikri dengan subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari siswa perempuan 19 orang dan siswa laki-laki 11 orang. Data penilitian dikumpulkan dengan teknik penilaian siklus 1 dan siklus 2, serta observasi dan wawancara. Berdasarkan data hasil penilaian tes pada siklus 1 dan siklus 2 yang diperoleh setelah menggunakan media Crossword Puzzle hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan nilai sebelumnya, karena semua siswa dapat mencapai nilai 100.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Crossword Puzzle, hasil belajar, media pembelajaran |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2721 |