YAYUK LISTIANIK (2023) Penerapan Metode Inkuiry Learning dalam upaya peningkatan pembelajaran IPS kelas IV SD Faraby Islamic Children tahun pelajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Penerapan metode pembelajaran inquiry learning dengan menggunakan media pembelajaran tiga dimensi pada pembelajaran IPS Kelas IV SD Faraby Islamic Children,cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya penerapan model pembelajaran inquiry learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian yaitu tentang penerapan metode inquiry learning dengan menggunakan media tiga dimensi pada pembelajaran IPS Kelas IV SD Faraby Islamic Children, sudah cukup baik. Upaya yang dilakukan guru IPS dalam mengimplementasi media tiga dimensi untuk mempermudah dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media tiga dimensi siswa juga sangat tertarik dan antusias serta dengan menggunakan model inquiry learning menjadikan siswa lebih berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah yang ditemukan pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | : Metode Inquiry Learning ,pada pembelajaran IPS di SD |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2717 |