PUTRI HANDAYANI (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Benda di Sekitarku dengan Metode Demonstrasi di SDN Kutapohaci ITahun Pelajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKMetode pembelajaran yang digunakan kurang tepat dan cenderung monoton, serta tidak adanya alat peraga, mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami isi pelajaran. Siswa kurang aktif dan antusias karena penyampaian materi ajar kurang menarik sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada tema benda di sekitarku dengan metode demonstrasi terhadap siswa kelas III-B di SDN Kutapohaci I tahun pelajaran 2022/2023. PTK adalah metode penelitian yang digunakan dan terdiri dari 2 siklus dengan empat tahapan tiap siklusnya. Teknik deskriptif kuantitaif dan kualitatif digunakan dalam menganalisis data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar (evaluasi) siswa yang didapat pada siklus I sebesar 66,00 (kategori cukup) dengan persentase ketuntasan 53,3%, mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 80,00 (kategori sangat baik), dengan persentase ketuntasan 93,3% pada siklus II. Kesimpulannya, penggunaan metode demonstrasi terbukti bisa meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 14 poin pada tema benda di sekitarku di SDN Kutapohaci I.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Hasil Belajar, Konversi Satuan, Metode Demonstrasi |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2716 |