Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TORSO PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TERHADAP SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI ENDANG REJO

EVI YULIANTI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TORSO PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TERHADAP SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI ENDANG REJO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan adalah hal yang krusial bagi seluruh negara khususnya di Indonesia. Pendidikan di Indonesia sendiri masih terbilang cukup rendah dan belum maju jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal ini disebakan kurangnya pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam materi organ pencernaan manusia melalui media torso pada siswa kelas V SD Negeri 02 Endang Rejo. Meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Endang Rejo dalam materi organ pencernaan manusia melalui media torso. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design artinya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang sering dipandang sebagai eksperimen yang tidak sesungguhnya. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 02 Endang Rejo dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Endang Rejo pada semester II Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap utama. Tahap pertama perencanaan, tahap kedua pelaksanaan, tahap ketiga observasi dan dan tahap terakhir refleksi. Pengumpulan data aktivitas menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap observasi awal sebesar 50,5, siklus I 65,5 dan siklus II sebesar 87,5. Diketahui rata-rata pada tahap observasi awal sampai pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 10,5 dan rata-rata pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 22. Demikian pula dengan hasil ketuntasan Belajar siswa (KB) mengalami peningkatan, dimana pada tahap observasi awal sebesar 50% dan meningkat menjadi 66% di siklus I dan mengalami peningkatan kembali sebesar 96% di siklus II.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Torso, IPA, Metode Kuantitatif.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item
View Item