Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN BERAT MELALUI MEDIA BENDA KONKRET

DESI SUSANTI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN BERAT MELALUI MEDIA BENDA KONKRET. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dimana siklus I dilaksanakan hari rabu 05 April 2023 dan siklus II dilaksanakan hari rabu 12 April 2023. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II UPTD SD Islam Ibnurusyd yang berjumalah 21 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan hasil tes siswa selama proses pembelajaran. Hasil penilaian penelitian siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh mengalami peningkatan. Pada prasiklus hanya ada 6 siswa yang mencapai ketuntasan belajar, siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mengalami peningkatan menjadi 12 siswa. Secara klasikal, pada prasiklus hanya 33% siswa yang mengalami ketuntasan, sedangkan pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 57% dengan kategori ketuntasan belajar baik. hasil belajar matematika satuan berat pada siklus II sudah baik. jumlah yang mencapai ketuntasan belajar rata – rata 86% dengan kategori ketuntasan belajar baik. Hasil belajar pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan. kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar satuan berat pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Benda Konkret, Satuan Berat
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2713

Actions (login required)

View Item
View Item