OKTARINA PITRIANI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATERI PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN 08 TANJUNG AMAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung pada materi pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah menggunakan media gambar pada siswa kelas II SDN 08 Tanjung Aman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 08 Tanjung Aman yang berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 10 soal uraian tentang materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Hasil penelitian Siklus I menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar adalah 61.67%, artinya sebanyak 10 dari 18 siswa mencapai nilai KKM ≥ 65, sedangkan 38.33% yang berarti 8 dari 18 siswa berada dalam kualifikasi belum tuntas. Pada pelaksanaan Siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan maka dilanjutkan ke Siklus II. Hasil penelitian Siklus II menunjukan Persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 86.57%, artinya sebanyak 15 dari 18 siswa mencapai nilai KKM ≥ 65, sedangkan 13.43% yang berarti 3 dari 18 siswa berada dalam kualifikasi belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian pada adanya peningkatan di siklus II yang mencapai presentasi ketuntasan sebesar 86.57%, itu berarti adanya peningkatan kemampuan berhitung pada materi pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah menggunakan media gambar pada siswa kelas II SDN 08 Tanjung Aman
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berhitung, penjumlahan dan pengurangan, media gambar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2712 |