Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 3 JATIBARU TAHUN 2023

ISTIQOMAH (2023) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 3 JATIBARU TAHUN 2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi guided note taking dengan media audio visual pada mata pelajaran ipa kelas 3 SD Negeri 3 Jatibaru. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal tentunya diperlukan sebuah inovasi dan kreasi yang menumbuhkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran untuk menciptakan sisa yang kreatif, inovatif, kritis serta mandiri. Melalui strategi guided note taking berbantu media audio visual diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa. Srategi Guided Note Taking adalah suatu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan cara guru memyiapkan bagan / skema atau yag lain yang dapat membantusiswa dalam mebut catatan – catatan sesuai materi yang telah disampaikan. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal diperlukan media teknologi sebagai alternatif pembelajaran masa kini. Pendidik diharapkan dapat memanfaatkan media pembelajaran audio visual sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif bagi peserta didik sehingga meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran yang akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang dugunakan adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pendekatan peniltian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian praktis untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas. Permasalahan tentang rendahnya motivasi belajar siswa tersebut melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan angket. hasil angket di atas diperoleh hasil peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi Guided Note Taking dengan media audio visual pada amat pelajaran IPA kelas V SD Negeri 3 Jatibaru terlihat dari hasil motivasi belajar pada siklus I sebesar 72,01%pada siklus ke II, Meningkat menjadi 85,48%dengan indikator ketuntasan 75%. Data tersebut menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar melalui strategi guided note taking dengan media audio visual pada mata pelajaran ipa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, strategi guided note taking, audio visual
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2707

Actions (login required)

View Item
View Item