NIMAS INTAN RAHAYU (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VMenggunakan Model Pembelajaran KoperatifTeknik Make A Match di SD Negeri 1 Sendang Mukti. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakHasil belajar pada mata pelajaran IPA yang diperoleh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sendang Mukti cenderung rendah yaitu sekitar 65% peserta didik. Hal ini dikarenakan saat guru menjelaskan materi pembelajaran mereka tidak memperhatikan dan cenderung aktif dengan kegiatan masing-masing. Selain itu, variasi model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru (teacher centered). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Sendang Mukti menggunakan model pembelajaran koperatif Teknik make a match. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 23 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran koperatif Teknik make a match pada siklus I sebesar 56,52% dan kembali meningkat pada hasil siklus II yaitu sebesar 82,60%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koperatif Teknik make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Sendang Mukti.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Koperatif Teknik Make A Match, Pembelajaran IPA |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2696 |