Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

SAMSIYAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Sinar Pasemah Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan prosedur pelaksanaan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi untuk setiap siklus. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Sinar Pasemah yang berjumlah 21 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model problem based learning dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Instrument penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Hasil dari siklus I adalah 11 siswa atau 52% yang tuntas belajar matematika dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 siswa yang tuntas belajar matematika atau 86%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu ≥ 80% dari seluruh siswa dengan KKM 70. Instrument penelitian ini adalah lembar observasi dan teS

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: matematika, bangun datar, problem based learning
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item
View Item