Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak dan Engklek Pada TK IT Darul Falah Karang Sari Tahun Ajaran 2022/2023

SITI NURLAILATUS SA'ADAH (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak dan Engklek Pada TK IT Darul Falah Karang Sari Tahun Ajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan tradisional congklak dan engklek di Taman Kanak-kanak IT Darul Falah Karang Sari. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah kemampuan berhitung anak serta permainan tradisional congklak dan engklek. Subjek penelitian adalah guru dan anak didik kelompok B2 dengan jumlah 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data aktivitas guru dan aktivitas anak. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa masih terdapat anak yang berada dalam kategori belum berkembang, mulai berkembang dan berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan banyak anak yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan dan perkembangan kemampuan berhitung anak didik melalui permainan tradisional congklak dari siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung, permainan tradisional, congklak, engklek
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2681

Actions (login required)

View Item
View Item