Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA LUMBUNG HITUNG DI TK ISLAM JERAPAH KUNING TAHUN AJARAN 2022/2023

SHINTA ALFITRIAH (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA LUMBUNG HITUNG DI TK ISLAM JERAPAH KUNING TAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak dalam berhitung melalui media lumbung hitung. Subjek penelitian ini adalah 16 orang anak yang terdiri dari 4 anak perempuan dan 12 anak laki - laki di Kelompok B1 TK Islam Jerapah Kuning. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian tindakatn kelas (PTK) dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Dalam proses pembelajaran peneliti menggunakan media lumbung hitung, yang dibuat seperti tangga dengan urutan 1 – 10. Hasil penelitian dengan media lumbung hitung menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung anak, hal ini terlihat dari hasil peningkatan presentase pada praskilus sebesar 48%, siklus 1 sebesar 61%, dan siklus 2 sebesar 89%. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa proses pembelajaran menggunakan media lumbung hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5 -6 tahun di Kelompok B1 TK Islam Jerapah Kuning.ABSTRACTThe purpose of this study is to improve children’s numeracy skills in arithmetic through the media of counting barns. The subjects of this study were 16 children consisting of 4 girls and 12 boys in Group B1 of Yellow Giraffe Islamic Kindergarten. The research method used is using the class action research approach (CAR) with quantitative methods. Data collection techniques in this study are through observation and documentation. In the learning process the researchers used the counting barn media, which was made like a ladder in the order of 1 – 10. The result of research using the counting barn media showed an increase in children’s numeracy skills, this can be seen from the results of an increase in the precentage in pre-skills of 48%, cycle 1 of 61%, and cycle 2 of 89%. The conclusion that can be drawn is that the learning process using arithmetic media can improve the numeracy skills of children aged 5 – 6 years in Group B1 of the Yellow Giraffe Islamic Kindergarten.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: lumbung hitung, kemampuan berhitungKeyword: counting barn, numeracy skills
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2679

Actions (login required)

View Item
View Item