BUKHORI MUSLIM (2023) MENINGGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMPULKAN CERITA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELAS V DI SDN 1 PASIR UKIR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKProses belajar mengajar merupakan wahana pendidikan yang bertujuan untuk menghantarkan anak dalam menjalani hidup ketingkat dewasa. Kondisi yang terjadi pada kelas V SDN 1 Pasir Ukir pada mata pelajaran bahasa indonesia dalam pembahasan materi menyimpulkan cerita penguasaannya masih rendah. Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan mengantuk karena tidak adanya tanya jawab yang akan menghidupkan semangat siswa. Hal ini memerluka metode dan media yang menarik dan inovasi yang berkesinambungan meskipun media yang menarik tidak identik hanya pada media yang mahal. Metode diskusi juga akan mengaktifkan peserta didik sehingga dapat memberikan kepercayaan diri untuk peserta didik, dan memberikan kesempatan untuk peserta didik memberikan argumen argumnen yang baru. Hal ini dapat terlihat dari nilai evalusi yang memperoleh nilai diatas KKM ada 6 siswa sedangkan dibawah KKM 6 orang dapat dikatakan bahwa ke tuntasanya hanya mencapai 50% untuk pelajaran bahasa indonesia. Pada siklus kedua sudah menunjukan peningkatan bila dibandingkan pada siklus sebelumnya hal ini dapat di lihat dilihat dari yang memperoleh nilai diatas KKM 9 sedangkan untuk yang diatas KKM menjadi 3 orang dapat dikatakan bahwa ketuntasan mencapai 80 %
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, BAHASA INDONESIA, METODE DISKUSI |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2672 |