Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGI TIGA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS IV UPT SDN 2 BULUREJO

DICKY ADI SAPUTRA (2023) MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGI TIGA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS IV UPT SDN 2 BULUREJO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACTThe problem of this study is that students' achievement in learning mathematics is still low. The research objective was to explore the improvement of learning outcomes around and area of triangles using the Numbered Head Together (NHT) Model. Through preliminary data it is known that the results of learning mathematics at UPT SD Negeri 2 Bulurejo class IV regarding the circumference and area of a triangle are still many students with scores below the KKM, maybe ≤ 70%. This shows results. learning is still relatively low because students have not actively participated in the learning process. Therefore, it is necessary to make efforts to overcome this problem, especially by using the Numbered Head Together (NHT) Model. This research is a learning improvement which consists of 2 cycles, where each cycle has four stages, namely planning, implementing, observing and reflecting. The research data is in the form of cooperative data obtained from observations and experiments at the end of each cycle. The results of this study indicate that there is an increase in learning outcomes in each cycle, especially in cycle I with an average score of students obtaining a score of 58.5 with a presentation of 27.2% in cycle I, while in cycle II cycle, students achieve academic results. Score 78, with a presentation of 81.8%. It can be concluded that the Numbered Head Together (NHT) Model can improve student learning about the perimeter and area of triangles.ABSTRAKPermasalahan dari penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa masih rendah.Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi peningkatan hasil belajar keliling dan luassegitiga menggunakan Model Numbered Head Together (NHT). Melalui data awal diketahuibahwa hasil belajar matematika di UPT SD Negeri 2 Bulurejo kelas IV tentang keliling danluas segitiga masih banyak siswa dengan nilai di bawah KKM, mungkin ≤ 70%. Hal inimenunjukkan hasil. pembelajaran masih tergolong rendah karena siswa belum berpartisipasiaktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengatasimasalah tersebut, khususnya dengan menggunakan Model Numbered Head Together (NHT).Penelitian ini merupakan perbaikan pembelajaran yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiapsiklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Datapenelitian ini berupa data Kooperatif yang diperoleh dari observasi dan eksperimen padasetiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajarpada setiap siklusnya, khususnya pada siklus I dengan rata-rata skor siswa memperoleh skor58,5 dengan presentasi 27,2% pada siklus I, sedangkan pada siklus II siklus, siswa mencapaihasil akademik. Skor 78 , dengan presentasi 81,8%. Dapat disimpulkan bahwa Model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pembelajaran siswa tentang kelilingdan luas segitiga.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil belajar, Model NHT, PTK
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2670

Actions (login required)

View Item
View Item