HIDAYANA (2023) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 01 ANDALAS CERMIN KECAMATAN RAWAPITU KABUPATEN TULANG BAWANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurangnya minat siswa dalam mata pelajaran IPA menyebabkan rendahnya nilai siswa kelas V SD Negeri 01 Andalas Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode permainan pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 01 Andalas Cermin Kecamatan Rawapitu. Penelitian ini merupakan penelitian tidkaan kelas yang berujuan untuk perbaikan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dengan 1 kali pertemuan. Pada tiap siklusnya terdapat 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 25 orang terdiri dari 8 siswa laki – laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dengan menggunakan metode permainan ini mendapkan hasil pada siklus 1 nilai rata- rata 73,2 dengan nilai minimum 58 dan nilai maksimim 86. Pada siklus 2 nilai rata menjadi 84,32 dengan nilai minimum 68 dan nilai maksimum 98 Demikian juga persentase ketuntasan siswa pada siklus 1 adalah 52% meningkat pada siklus 2 88% dengan 22 siswa tida tuntas dan 3 orang tuntas. Metode permainan dapat menciptakan suasana kegiatan yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dan nilai hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Andalas Cermin.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : IPA ; Metode Permainan : Pembelajaran ;Penelitian ; Siklus |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2665 |