Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL COORPORATIVE LEARNING TYPE STAD PADA SISWA SEKOLAH DASAR

MUHAMMAD ROHILI. (2023) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL COORPORATIVE LEARNING TYPE STAD PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstakRendahnya nilai siswa kelas IV SD Negeri 01 Rawaragil Kecamatan Rawapitu pada mata pelajaran matematika mendorong guru sebagai peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui Model Cooperative Learning Type Stad. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Rawaragil yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 16 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dengan 1 kali pertemuan pada tiap siklusnya. Data pada peneltian ini didapatkan melalui observasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil tes tertulis. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah nilai rata-rata siswa meningkat dari awal pra siklus 59,46 dengan nilai persentase ketuntasan klasikal 28,57% , nilai rata – rata siklus 1 sebesarr 67,32% dengan persentase ketuntasan 71,42% , dan pada siklus 2 nilai rata – rata meningkat menjadi 75,57 dengan persentase 78,57%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Model Cooperaive Learning Type Stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Rawaragil mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Matematika; Nilai; Penelitian; siklus
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2664

Actions (login required)

View Item
View Item