Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Menggunakan Media Kartu Kata Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN 1 Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2022/2023

NILA GHATRI (2023) Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Menggunakan Media Kartu Kata Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN 1 Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKMembaca merupakan keterampilan yang harus dikuasai. Kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas I SDN 1 Gunung Agung pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ialah masalah utama dalam penelitian ini. Faktor lain yang menyebabkan siswa memiliki kemampuan membaca yang rendah ialah metode pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional, seperti papan tulis, serta fokus pembelajarannya hanya pada pengajar saja, sehingga siswa menjadi pasif. Dengan menggunakan media kartu kata, penelitian ini bertujuan guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD. Penelitian dilakukan di SDN 1 Gunung Agung Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung. Penelitian ini melibatkan speserta didik kelas I yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 45% siswa yang tuntas pada siklus pertama, sedangkan 86% siswa tuntas pada siklus kedua. Dari hasil data nilai peserta didik dalam penelitian ini bisa disimpulkan bahwa penggunaan media atau alat pembelajaran kartu kata meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas I SDN 1 Gunung Agung, Tulang Bawang Barat .

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Keterampilan membaca, Kartu Kata, Media
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item
View Item