ARNILA (2023) Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD . Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) murid kelas III SDN 10 Way Kenanga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Class Action Reaserch ) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek,lokasi,dan waktu penelitian adalah murid kelas III SDN 10 Way Kenanga yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan, penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023. Fokus penelitian ini adalah faktor proses, dan faktor hasil. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi,dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yaitu, 1.) terjadi peningkatan aktivitas belajar murid melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) yang ditandai dengan meningkatnya keaktifan belajar murid dalam proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi selama proses tindakan kelas berlangsung. 2.) Nilai rata-rata yang diperoleh murid setelah mengikuti tes akhir dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan model pembelajaran mengalami peningkatan. 3.) Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 ,dari 6 murid menjadi pada siklus II sebanyak 20 murid mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasik tercapai.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, IPA, PTK. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2661 |