TRISNA RATNA SARI (2023) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS IV SD N 1 MERANGGI JAYA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Belajar matematika merupakan kerja mental. Matematika menuntut siswa untuk siap menerima pengetahuan baru. Berdasarkan observasi awal, hasil belajar siswa tentang Matematika materi kubus dan balok rendah. Hal ini Karena guru sering menggunakan metode ceramah saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini agar hasil belajar Matematika materi kubus dan balok siswa kelas IV SD N 1 Meranggi Jaya meningkat dengan menerapkan metode drill. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang menerapkan model pengembangan Kemmis dan Taggart. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus 1 siswa yang nilainya tuntas adalah 10 dari 22 siswa, jika dipresentasikan yaitu 45%. Pada siklus 2 ada 18 dari 22 siswa yang tuntas, jika dipresentasikan yaitu 82%. Keseluruhan pada siklus 2 hasilnya sangat memuaskan karena mengalami kenaikan hasil belajar siswa. Penerapan metode drill mampu meningkatkan hasil belajar Matematika materi kubus dan balok siswa kelas IV SD N 1 Meranggi Jaya.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Matematika, Metode Drill |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2657 |