BAYU SETIAWAN (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SDN KUTOWINANGUNTAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Judul penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Dengan Melakukan Fieldtrip Pada Siswa Kelas IV SDN Kutowinangun Tahun Ajaran 2022/2023. Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak peserta didik yang belum menguasai konsep dan belum sepenuhnya memahami materi yang diberikan oleh guru, dengan demikian peserta didik masih bingung dalam menyelesaikan sebuah soal. Sebagian peserta didik juga merasa jenuh karena proses pembelajaran hanya dilakukan didalam kelas saja, pada akhirnya mereka tidak serius dalam belajar atau dengan kata lain mereka datang ke sekolah hanya memenuhi presensi kehadiran saja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan matematika realistik dengan melakukan fieldtrip dapat meningkatkan hasil belajar peseta didik kelas IV SDN Kutowinangun pada materi bangun datar. Penelitian terdiri dari 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan rancangan/rencana yang direvisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan matematika realistik dengan melakukan fieldtrip dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika kelas IV SDN Kutowinangun. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 68 meningkat pada siklus II menjadi 80. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebanyak 18 siswa atau sebesar 62% pada siklus II meningkat menjadi 26 atau 90%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: hasil belajar matematika, PMR, fieldtrip. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2656 |