Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

AHMAD ULUL ALBAB (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model siklus yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Satu siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan , observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN 01 Purwodadi. 2) mendeskripsikan cara meningkatkan minat belajar siswa melalui model cooperative learning tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN 01 Purwodadi, dan 3) mendeskripsikan hasil minat belajar siswa melalui model cooperative learning tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN 01 Purwodadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan nilai minat belajar siswa yaitu rata-rata kondisi awal menunjukan 4,3 (20,7%) termasuk kurang berminat. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I, minat belajar siswa terhadap pembelajaran meningkat menjadi kategori cukup dengan nilai nilai rata-rata 9 (41%). Sedangkan pada siklus II minat belajar siswa terhadap pembelajaran terus meningkat menjadi kategori tinggi dengan rata-rata nilai 18,7 (86,7%).

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : minat belajar, cooperative, learning, jigsaw, sekolah dasar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2655

Actions (login required)

View Item
View Item