YULINA SETIANI (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS II SD NEGERI 3 SRI KATON. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas II SD Negeri 3 Sri Katon. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei Tahun 2023 dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas II SD Negeri 3 dan berjumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes hasil belajar dalam bentuk objektif pada materi bangun ruang yang dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan yakni pada setiap siklus memiliki tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan yang telah dilakukam terbukti meningkat sangat baik dengan nilai rata-rata hasil observasi belajar awal meningkat dari 49% pada siklus awal menjadi 71% pada siklus I dan 87% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terlihat dapat meningkatkan hasil belajar matematika bangun ruang pada siswa SD N 3 Sri Katon dengan kriteria sangat aktif.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2636 |