AYU SANJAYA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MATERI PENGARUH KEGIATAN EKONOMI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG SUGIH TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran yang terjadi di kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih pada materi Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat, masih terdapat hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Hal ini terjadi karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Terdapat 11 dari 25 siswa atau 44% hasil belajarnya belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Tujuan dari penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih melalui penggunaan model pembelajaran kontekstual tentang materi Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual melalui siklus 1 dan siklus 2, hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara keseluruhan. Pada perbaikan pembelajaran siklus 1 sebanyak 19 siswa (76%) telah berhasil dengan nilai rata-rata 72,40 dan hanya 6 siswa (24%) yang hasil belajarnya masih dibawah KKM. Pada perbaikan pembelajaran siklus 2 sebanyak 25 siswa (100%) hasil belajarnya sudah sesuai KKM dengan nilai rata-rata 83,60 dan rentang nilai 70-100. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sugih. Penggunaan model pembelajaran yang tepat yang dilakukan oleh guru dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, model pembelajaran kontekstual |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2633 |