Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Metode Quantum Learning Dengan Media Pembelajaran Phet Simulation Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPA Pada Materi Rangkaian Listrik Arus Listrik Searah Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Rulung Mulya

NIKEN DWI JAYANTI (2023) Penerapan Metode Quantum Learning Dengan Media Pembelajaran Phet Simulation Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPA Pada Materi Rangkaian Listrik Arus Listrik Searah Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Rulung Mulya. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian mengenai Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VI Semester 2 Materi Rangkaian Listrik Pada Arus Listrik Searah dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Berbantu Media Pembelajaran PheT SIMULATION. Yang dilatar belakangi oleh rendahnya persentase keberhasilan siswa dan kurangnya keaktifan siswa dalam peroses pembelajaran. Untuk itu peneliti bertujuan meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dan keaktifan siswa dalam perbaikan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dimulai dari tanggal 10 April sampai 08 Mei 2023, dengan subjek penelitian mata pelajaran IPA dan objek siswa kelas VI SD Negeri 1 Rulung Mulya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung selatan yang berjumlah 20 siswa tahun pelajaran 2022/2023. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi dan metode dokumentasi. Dari penelitan yang dilakukan sebanyak 3 siklus, hasil pengukuran pemahaman konsep selalu meningkat, pada siklus I diperoleh rata-rata pemahaman konsep sebesar 70,50, siklus II rata-rata pemahaman konsepnya 76,50 dan siklus III rata-rata pemahaman konsepnya 79,00. Data yang diperoleh pada setiap siklus menunjukan peningkatan rata-rata pemahaman konsep siswa karena dengan menerapkan Metode Quantum Learning Berbantu Media Pembelajaran PheT SIMULATION dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi rangkaian listrik pada arus listrik searah. Dari hasil penelitian peneliti berkesimpulan bahwa dengan menggunakan metode Quantum Learning Berbantu Media Pembelajaran PheT SIMULATION dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VI SD Negeri 1 Rulung Mulya pada materi rangkaian listrik pada arus listrik searah.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Metode Quantum Learning,Konsep Pemahaman IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item
View Item