Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Menggunakan Media Papan Pelangi

SEPIA WULANDARI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Menggunakan Media Papan Pelangi. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karna rendahnya hasil belajar IPA serta kurangnya penerapan model pembelajaran dan media belajar yang di gunakan. Mengetahui penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples dengan Media Papan Pelangi dalam meningkatkan hasil belajar siswa memahami materi Tema Cuaca Subtema Keadaan Cuaca di kelas III UPTD SDN 2 Negara Batin, Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2022/2023. , dengan obyek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 26 orang dengan 12 orang anak laki-laki dan 14 orang anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian berupa data hasibelajar yang diambil melalui tes pada akhir tiap siklus. penerapan model pembelajaran Example non example dengan media papan pelangi pada siklus I sebesar 34,6%yang berada pada kategori sangat rendah ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,9% tergolong pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan pembelajaran sebesar 42,3% kelebihan dari metode ini adalah umtuk meningkatkan pemahaman materi, keaktifan, percaya diri semanagat serta kreativitas siswa maka dapat di simpulkan pembelajaran dengan model example non example media papan Pelangi dapat meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Example Non Example , Papan Pelangi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item
View Item