Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA KELAS IMENGGUNAKAN KARTU ANGKA DI UPTD SD NEGERI 1 MARGAMULYA

ROSALIA EVI SANJAYA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA KELAS IMENGGUNAKAN KARTU ANGKA DI UPTD SD NEGERI 1 MARGAMULYA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah-sekolah di Indonesia memiliki tujuan untuk membantu siswa mencapai potensi penuh mereka dengan mengajarkan mereka keterampilan yang mereka perlukan untuk membangun karakter dan budaya bangsa yang terhormat. Penggunaan mainan atau alat peraga memiliki tujuan utama yaitu untuk memberikan kegembiraan dan kesenangan bagi pikiran anak-anak. Anak - anak akan merasa nyaman ketika mereka mengikuti rutinitas yang telah ditetapkan, baik dalam cara belajar maupun bermain. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan judul Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Kelas I Menggunakan Kartu Angka di UPTD SD Negeri 1 Margamulya. Penelitian ini melibatkan siswa kelas 1 SD yang berjumlah 28 siswa. Dikatakan bahwa pada siklus I terdapat 14 siswa yang belum tuntas dengan persentase 50%, 11 siswa yang tuntas dengan persentase 39% dan 3 siswa yang memperoleh nilai > 65, dengan persentase 11%. Setelah itu, pada siklus II diketahui bahwa 3 siswa belum tuntas dengan persentase 11%, 13 siswa yang tuntas dengan persentase 46%, dan 12 siswa memiliki nilai > 65 dengan persentase sebesar 43%. Kemampuan matematika siswa kelas I UPTD SD Negeri 1 Margamulya mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan peningkatan dari 50% menjadi 89% pada siklus II kemampuan berhitung siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kemampuan, Berhitung, Kartu Angka
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

View Item
View Item