Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

VISTA HERDIAN INGRUM (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) kelas IV SDN 77 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yaitu: (1) Presentasi oleh guru , (2) Membentuk kelompok (Teams), (3) Games, (4) Tournament. Berdasarkan pada hasil Pelaksanaan Tindakan Kelas (PTK) pada siklus I yang diberikan kepada 20 siswa, sebanyak 15 siswa yang memperoleh nilai diatas 65 dengan persentase sebesar 75%. Siswa yang memiliki nilai dibawah 65 sebanyak 5 dengan persentase sebesar 25%. Sedangkan pada siklus II berdasarkan pada tipe TGT diperoleh hasil yaitu, dari 20 siswa, sebanyak 18 siswa memperoleh nilai diatas KKM dengan persentase 90%, sementara siswa yang masih memiliki nilai dibawah KKM sebanyak 2 siswa dengan persentase 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2610

Actions (login required)

View Item
View Item