Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B PAUD QIERAN MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ALAM

MONA PILIA SARI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B PAUD QIERAN MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ALAM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan suatu kewajiban bagi semua orang karena memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan. Adapun jenjang pendidikan yang paling dasar yaitu Pendidikan Anak Usia Dini/ PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di Paud Qieran melalui kegiatan kolase menggunakan bahaan alam. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dan yang menjadi subjek penelitian ini yaitu anak-anak kelompok B usia 5-6 tahun. Metode pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik yang mengutamakan proses pembelajaran dibandingkan hasil yang dikerjakan oleh anak. Instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar observasi dan tehknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak tercapai pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus ke-1 hasil penelitian menunjukkan skor keberhasilan sebesar 60% dan menjadi 93% pada siklus ke-2. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat di tingkatkan dengan penerapan kegiatan kolase dari bahan alam.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pendidikan anak usia dini, motorik halus, kolase, bahan alam.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item
View Item