Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN RAGAM STIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B TK AMORPHOPHALLUS DESA TERUNTUNG KEC. TERAS TERUNJAM KAB. MUKOMUKO

NELIS MUSLIHAH (2023) PENERAPAN RAGAM STIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B TK AMORPHOPHALLUS DESA TERUNTUNG KEC. TERAS TERUNJAM KAB. MUKOMUKO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

aspek perkembangan kognitif pada anak usia dini harus distimulasi dengan beragam kegiatan pembelajaran yang didukung oleh media pendukung yang dipilih oleh gur. Hal ini agar kognitif anak dapat berkembang dengan sangat baik.salah satunya mengenal bentuk geometri karna dengan anak mengenal bentuk geometri anak akan memperoleh pemahaman matematika yang akan menunjang pengetahuan anak yang lainnya. Namun yang terjadi di lapangan yaitu ditemukan bahwa rendahnya kemampuan kognitif anak khususnya dalam mengenal bentuk geometri, hambatan yang ditemukan ialah anak belum mampu mengenal bentuk geometri, seperti adanya bentuk persegi panjang, segi tiga, segi empat dan lingkaran. Ini dikarenakan guru tidak menerapkan stimulasi dengan media pendukung yang menarik bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri melalui ragam stimulasi yang diterapkan oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam II siklus kegiatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi peningkatan aspek perkembangan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata dengan kriteria sangat baik. Penerapan ragam stimulasi dapat meningkatkan aspek perkembangan kognitif khususnya dalam mengenal bentuk geometri pada siklus I mencapai 57% dengan kriteria mulai berkembang, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 85% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Aspek Perkembangan, Kognitif, Geometri.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2601

Actions (login required)

View Item
View Item