NUR KHALIFAHTURAHMA (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Ada beberapa aspek yang berperan penting dalam mempengaruhi rendahnya pembelajaran siswa dikelas, yaitu: kurangnya keberanian dalam menyampaikan pendapat kepada orang lain, belum memiliki keberanian untuk merumuskan gagasan sendiri, dan siswa belum mempunyai motivasi untuk bersaing menyampaikan pendapat dengan siswa lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD khususnya dalam mata pelajaran IPA terkait materi Panas dan Perpindahannya di Kelas V SDIT Darul Fikri. Subjek penelitian ini adalah siswa SDIT Darul Fikri Argamakmur kelas V B dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 14 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 74,09% dan meningkat menjadi 85,45% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat bahwasanya penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SDIT Darul Fikri.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Tipe STAD, Hasil Nelajar, IPA |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2595 |