CINTIYA DEWI PARLI YATI (2023) Penerapan Model Pembelajaran CTL dengan Menggunakan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II di SD Patria Darma. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran PPKN tema 8 tentang persatuan dan keberagaman lewat penerapan model pembelajaran CTL dengan menggunakan media konkret. Subjek penelitian ialah siswa kelas II SD Patria Darma yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang berfokus pada proses pembelajaran di dalam kelas. Desain penelitian yang dipakai pada penelitian ini ialah model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, dengan mengumpulkan data melalui tes hasil belajar serta observasi. Data yang didapat lalu dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif serta analisis deskriptif kualitatif. Kenaikan hasil belajar siswa dianggap berhasil jika minimal 75% dari jumlah siswa memperoleh predikat baik, dengan skor minat belajar setidaknya sama dengan 76. Hasil penelitian ini ialah bahwa pada fase pra tindakan, persentase siswa yang mendapat nilai baik hanya sebesar 20%. Setelah dilaksanakan siklus I, ditemukan terdapat peningkatan ipersentase jumlah siswa iyang mencapai nilai baik pada hasil belajar yakni 55% dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 85%. Persentase ketuntasan pada siklus II ini telah memenuhi kriteria keberhasilan yakni mencapai 75% dari jumlah seluruh siswa sehingga penerapan model pembelajarn CTL dapat dikatakan telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa seperti yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Konkret, Model CTL |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2586 |