LOVITA FITRIA (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIMENTAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD PATRIA DARMA KOTA BENGKULU UNTUK MENINGAKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran yang terjadi sebelum PTK, materi yang disampaikan tidak efisien, tidak efektif, tidak menarik, bahkan cenderung membosankan, sehingga hasil belajar yang dicapai tidak maksimal pada pembelajaran siswa kelas III SD PATRIA Dharma Kota Bengkulu. Sebelum dilaksanakannya PTK, di dalam kelas dari sepuluh siswa hanya empat siswa yang sudah tuntas (40%) dalam pencapain pembelajaran IPA, sedangkan 6 siswa (60%) belum memenuhi kriteria ketuntasan Mengajar (KKM). Oleh karena itu, perlu untuk diadakannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif yang menggunakan dua siklus perbaikan belajar. Tindakan kelas berupaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen serta untuk mengingkatkan efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kemajuan yang signifikan. Pada akhir siklus, mengalami peningkatan pencapaian sebanyak (80%). Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berhasil meningkatkan kualitas pencapaian KKM pada siswa kelas III SD PATRIA Dharma Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metode Eksperimen, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2585 |