Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR MATERI MENGGOLONGKAN HEWAN KELAS IV SDN 16 PENARIK

DHEA FITRI SUSANTI (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR MATERI MENGGOLONGKAN HEWAN KELAS IV SDN 16 PENARIK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SD Negeri 16 Penarik dengan menggunakan Media Gambar. Siswa pada penelitian ini berjumlah 20 yang dimana 12 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu pada pra siklus hanya 8 siswa yang mencapai KKM persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 40%, dan pada perbaikan siklus I 15 siswa yang mencapai KKM, persentase ketuntasan belajar siswa cukup meningkat yaitu sebesar 75%, dan pada perbaikan siklus II 19 siswa yang mencapai KKM, persentase ketuntasan belajar siswa sangat meningkat yaitu sebesar 95%. Dari hasil pengamatan penelitian ditemukan bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran IPA pada kelas IV SD Negeri 16 Penarik.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media gambar, tujuan penelitian
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2580

Actions (login required)

View Item
View Item