Search for collections on Karya Ilmiah

APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SDN 50 PALEMBANNG

AMELIA MAHESA (2023) APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SDN 50 PALEMBANNG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas ISD Negeri 50 Palembang pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi indahnya kebersamaan pada tema 1 dan peduli terhadap mahluk hidup pada tema 3, hasil belajar dari 28 siswa hanya 6 orang yang mendapat nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) hanya sebesar 17 %,sedangkan 22 orang mendapatkan nilai < KKM sebesar 83%. Rumusan masalah laporan ini adalah "Bagaimana peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran scramble pada siswa kelas IV SDN 50 Palembang?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran scramble. Sedangkan pelaksanaan siklus I pada tanggal 1 November 2022, dan siklus II pada tanggal 8 November 2022. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada siswa kelas IV SD Negeri 50 Palembang setelah menggunakan model pembelajaran scramble pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil tes pada siklus I Siswa yang mencapai nilai KKM ≥75 sebanyak 16 siswa atau sebesar 57% dengan rata-rata 73,57 dan meningkat menjadi 28 siswa atau 100% dengan rata-rata 85,71. Kesimpulannya adalah bahwa model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn pada materi tema 1 yaitu Indahnya kebersamaan dan tema 3 peduli terhadap mahluk hidup.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil belajar, PKn, Model Pembelajaran scramble
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2569

Actions (login required)

View Item
View Item