Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas II Pada Materi Keberagamanan Suku Bangsa Menggunakan Model Word Square Di SDN 59 Lubuklinggau

MUTMA INNAH (2023) Peningkatan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas II Pada Materi Keberagamanan Suku Bangsa Menggunakan Model Word Square Di SDN 59 Lubuklinggau. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu proses pengamatan yang sengaja dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), khususnya dalam memahami materi keberagaman suku bangsa di SD Negeri 59 Lubuklinggau. Salah satu permasalahan yang diidentifikasi dalam pembelajaran PKN adalah kurangnya partisipasi siswa akibat dominasi guru dan penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran Word Square sebagai alternatif metode pembelajaran yang lebih variatif dan menarik bagi siswa. Penelitian ini juga menggunakan evaluasi dengan menggunakan metode Word Square untuk mengukur peningkatan prestasi belajar siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran Word Square, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi siswa dan pemahaman mereka tentang keberagaman karakteristik di sekolah. Melalui PTK ini, diharapkan guru di SD Negeri 59 Lubuklinggau dapat memperoleh alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar PKN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN di SD Negeri 59 Lubuklinggau. Dengan menggunakan metode ini, siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi keberagaman suku bangsa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan variasi metode pembelajaran yang menarik dan efektif bagi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: PTK, PKN, Word Square, Keberagaman
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item
View Item