ELLY FITRIANI (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Materi Gaya Magnet Melalui Metode Contextual Learning di SD Terpadu Al Muhibbiin Betung. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi gaya magnet melalui metode Contextual Learning di SD Terpadu Al Muhibbiin Betung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar mata pelajaran IPAS dalam bentuk pilihan berganda pada materi Gaya Magnet. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Terpadu Al Muhibbiin Betung yang berjumlah 26 orang. Dari penelitian ini dihasilkan temuan sebagai berikut: (1) Penerapan Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) Hasil penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS materi Gaya Magnet. Pada saat pretest nilai rata-rata kelas sebesar 51,15 dengan tingkat ketuntasan 11,50% dan pada saat siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 67,31 dengan tingkat ketuntasan 50,00% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 81,92 dengan tingkat ketuntasan mencapai 92,30%. Maka dapat simpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPAS pada materi Gaya Magnet dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV SD Terpadu Al Muhibbiin Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar IPAS, Strategi Pembelajaran |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2563 |