SUSI SUSANTI (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Abjad Dikelompok Bermain Pelangi Desa Muara Teladan Kab Musi Banyuasin. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakKemampuan membaca sangat penting untuk dikuasai siswa, karena membaca memungkinkan siswa untuk menguasai bidang keilmuan yang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan melibatkan salah satu guru di KB Desa Muara Teladan, sementara observasi dilakukan untuk memastikan peningkatan kemampuan membaca siswa melalui pengenalan abjad menggunakan media kartu huruf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf memiliki dampak positif terhadap siswa dalam tiga aspek, yaitu kreatif, imajinatif, dan kemampuan membaca. Siswa menunjukkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan huruf-huruf dengan menggambar objek-objek sekitar yang sesuai dengan contoh huruf. Selain itu, siswa juga mampu meningkatkan kemampuan membaca mereka setelah menggunakan media kartu huruf. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media kartu huruf sangat efisien dalam memberikan pembelajaran kepada siswa mengenai pentingnya mengenal huruf dan membaca. Selain itu, siswa juga dinilai kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran ini. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penggunaan media yang menarik dan interaktif seperti kartu huruf.Kata kunci : Upaya, Kemampuan, Mengenal Abjad, kartu huruf, Kelompok Bermain.AbstractThe ability to read is very important for students to master, because reading allows students to master other scientific fields. This study used a qualitative research approach with data collection techniques through interviews and observations. The interview was conducted involving one of the teachers in Muara Teladan Village KB while observations were made to ensure the improvement of students' reading skills through alphabet recognition using letter card media. The results of this study show that the use of letter card media has a positive impact on students in three aspects, namely creative, imaginative, and reading skills. Students show creativity and innovation in developing letters by drawing surrounding objects that correspond to letter examples. In addition, students are also able to improve their reading skills after using letter card media. Based on the results of this study, it can be concluded that letter card media is very efficient in providing learning to students about the importance of recognizing letters and reading. In addition, students are also considered creative and innovative in this learning process. This research makes an important contribution in the development of learning methods that can improve students' reading skills through the use of interesting and interactive media such as letter cards.K
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Upaya, Kemampuan, Mengenal Abjad, kartu huruf, Kelompok Bermain. |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2557 |