Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA TENTANG KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI 1 SIDOMULYO

CITRA (2023) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA TENTANG KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI 1 SIDOMULYO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKUpaya Peningkatan ini dilatar belakangi oleh adanya temuan yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Sidomulyo ketika di adakan pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia sekitar 70% siswa belum dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau 30% siswa yang sudah mencapai KKM. Sehingga di kategorikan buruk. Disamping rendah belajar, kualitas belajar, kualitas proses pembelajaran juga belum baik. Perbaikan proses pembelajaran juga perlu dilakukan agar kompetensi siswa dapat di tingkakan. Oleh karena tujuan penelitian ini adalah untuk meningkakan hasil belajar dengan materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menggunakan metode demonstrasi. Sedangkan pelaksanaan siklus I pada hari selasa 2 Mei 2023 dengan hasil 60% siswa mampu melewati KKM, dan siklus II pada hari senin 8 Mei 2023 dengan hasil 85% siswa melewati KKM. hasil menunjukan peningkatan yang signifikan pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Sidomulyo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V SD Negeri 1 Sidomulyo Kecamatan Sungai Menang Kab.OKI Pada semester II Tahun pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Keragaman suku bangsa, metode demonstrasi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item
View Item