Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP PENGGUNAAN RUMUS MATEMATIKA DENGAN MEMBERI PENGUATAN VERBAL DAN NON VERBAL

USWATUL MUNAWAROH (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP PENGGUNAAN RUMUS MATEMATIKA DENGAN MEMBERI PENGUATAN VERBAL DAN NON VERBAL. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengamatan dilaksanakan di SDN 1 Rejosari pada siswa kelas IV, pengamatan dilakukan pada pembelajaran matematika khususnya materi cara menghitung keliling persegi dan juga persegi panjang serta menghitung luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan rumus yang tepat. Terdapat beberapa siswa saat pembelajaran matematika dalam penyelesaian soal dengan rumus siswa belum memahami konsep penggunaan rumus, sehingga siswa tidak bisa menyelesaikannya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan penguatan dalam pembelajaran dan juga dengan metode belajar yang sesuai. Peningkatan pemahaman siswa SD Rejosari menggunakan penguatan verbal dan non verbal. Penguatan verbal yaitu penguatan menggunakan kata-kata yang dapat berpengaruh terhadap sikap atau tindakan siswa. Penguatan non verbal yaitu penguatan dengan mimik wajah, gerakan tangan, gerakan mendekati dan juga dengan kegiatan belajar yang menyenangkan. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu (1) wujud dari penguatan verbal dan non verbal, (2) manfaat dari penggunaan penguatan verbal dan non verbal, (3) dampak setelah pembelajaran diberi penguatan verbal dan non verbal pada materi menghitung keliling persegi dan persegi panjang serta menghitung luas persegi dan persegi panjang di SDN Rejosari. Metode dalam penulisan hasil penelitian ini adalah dengan metode lapangan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan adanya penguatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran ini akan memberi balikan yang baik dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Rumus, penguatan, verbal, non-verbal, matematika.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2535

Actions (login required)

View Item
View Item